Kompetensi Umum Matakuliah:

Mata kuliah ini membekali mahasiswa untuk mampu memahami kekayaan nusantara, karya dan budaya Indonesia yang dapat menjadi jiwa dan spirit seorang desainer pada karyanya.

 

Kompetensi  softskills:

Mahasiswa mampu menjelasan ruang lingkup umum Wawasan Nusantara secara verbal

GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PEMBELAJARAN
(GBPP)
Judul Matakuliah:Wawasan Nusantara
Nomor kode/sks:DSP 123 / 3 sks
Deskripsi singkat: Mata kuliah ini membekali mahasiswa untuk mampu memahami kekayaan nusantara, karya dan budaya Indonesia yang dapat menjadi jiwa dan spirit seorang desainer pada karyanya
Tujuan Pembelajaran Umum: Setelah menyelesaikan mata kuliah ini (pada akhir semester), mahasiswa mampu menjelaskan keragaman suku bangsa manusia Indonesia yang menghasilkan beraneka ragam budaya dan menganalisis keragaman budaya nusantara yang dapat menjadi semangat dalam jiwa seorang desainer pada karyanya
Model Kegiatan Pembelajaran:Kegiatan pembelajaran berupa teori tanpa praktek di studio. Untuk lebih mengenal dan memahami lebih baik, pada beberapa pertemuan dilakukan kunjungan studi pada beberapa tempat atau cagar budaya yang sesuai dengan materi yang diberikan.
Sistem Evaluasi Pembelajaran:Evaluasi hasil proses pembelajaran dilakukan melalui penilaian tugas-tugas yang diberikan (30%), UTS (30%), UAS (30%) dan absensi kuliah (10%) 


Bahan dan Teknologi Produksi II merupakan matakuliah yang berisikan pengetahuan dasar dan keterampilan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap karakteristik/sifat material-material olahan industri seperti logam dan polimer. Pada perkuliahan tersebut akan dijelaskan pula hal-hal yang berkaitan dengan teknologi proses pengolahan dan rekayasa bahan-bahan industri tersebut, dan manfaat memahami kedudukan material-material tersebut dalam sebuah rangkaian proses perancangan produk industri. Mata kuliah ini dilengkapi dengan praktikum yaitu kegiatan proses produksi untuk membuat sebuah produk sederhana dengan menggunakan bahan-bahan yang telah disampaikan sebelumnya.

 

Penyampaian materi pelajaran material logam yang diberikan melingkupi logam ferro dan  non ferro, proses pembentukan material logam, alat-alat produksi hingga sifat-sifat teknis yang dimiliki material tersebut. Dengan penyampaian materi-materi tersebut diharapkan mahasiswa mampu memahami kedudukan material logam pada sebuah produk sehingga mereka mampu mempertimbangkan aspek-aspek teknis yang harus diperhatikan pada proses perancangan yang dilakukannya.

 

Sedangkan material polimer yang disampaikan antara lain polimer yang berasal dari golongan thermoplastic, thermosetting dan elastomer. Materi yang berkaitan dengan sifat-sifat teknis, proses pembentukan, alat-alat produksi seperti  injection moulding, blow moulding, extrution, vacuum forming, calendering,  dan lainnya diberikan sebagai wawasan. Selain itu diberikan beberapa sesi jam kuliah yang isinya adalah praktek pembentukan bahan plastik untuk membuat produk-produk sederhana.


teori estetik adalah mata kuliah yang memberikan dasar teoritis mengenai aspek estetika pada desain, khususnya kajian formalistik dan semiotik sebagai perangkat analisis untuk objek desain, dan strategi visual pada perancangan desain sebuah produk.